
OOH Advertising
Apa oh?
OOH Advertising atau Out of Home Advertising lebih akrab disapa OOH adalah media iklan outdoor atau luar ruangan yang fokus targetnya adalah masyarakat yang sedang berada di luar rumah. Cukup simpel bukan? OOH akan mudah kamu temui di area publik seperti di pinggir jalan raya, halte, area transit, stadion, bioskop, bandara dan lain sebagainya.
OOH terkesan lebih mudah dan umum di aplikasikan para pengiklan dibanding adiknya DOOH,
Duh apaan lagi tuh?
Display Out of Home Advertising atau yang lebih akrab disapa DOOH merupakan evolusi dari OOH dengan tampilan gambar yang dapat bergerak. Tapi kali ini kita fokus dulu dengan si cikal OOH ya.
Penjelasan OOH di atas pasti sudah dapat kalian cerna dengan mudah, kalian mungkin sudah bisa menebak-nebak bahwa banner yang biasa kalian lihat termasuk OOH, billboard di lampu merah, umbul-umbul partai caleg di pinggir jalan, baliho, neon box, hingga iklan sedot WC yang ditempel di tiang listrik.
Dengan meluasnya kesempatan untuk mengiklankan produk secara online, ternyata OOH ini masih terus eksis di dunia periklanan, why? Oke kita bahas satu-satu.
Billboard
Mahal memang, tapi jika ditempatkan pada tempat-tempat yang sering terjadi kemacetan, tempat parkir kendaraan, area kuliner outdoor yang ramai penjual street food akan sangat efektif untuk di lirik sambil menunggu kemacetan terurai, menunggu istri belanja, atau menunggu kang telur gulung memasak pesanan kita.
Pada situasi tersebut jarang orang sempat memegang handphone dan hanya fokus pada lingkungan sekitar, iklan billboard akan sedikit menghibur disela-sela waktu tunggu yang (mungkin) tidak lama. Bayangkan akan ada berapa bayak orang yang melihat iklan produk kamu? Minimal mereka akan mulai me-notice brand usaha kamu!
Beriklan di Sarana Publik
Entah itu menggunakan Pamflet, flyer yang di tempel di dinding halte bus, stasiun, terminal, bandara, bangku taman, hingga banner kecil di dalam transportasi umum, jenis OOH ini kemungkinannya lebih besar untuk diperhatikan secara seksama oleh masyarakat jika di bandingkan Billboard yang hanya dilalui begitu saja.
Sangat efektif untuk mengenalkan produk dan brand kamu disela-sela waktu masyarakat yang jemu menunggu dan lelah melihat layar handphonenya, karena pada saat itu mereka akan semudah itu teralihkan fokusnya untuk membaca iklan kamu!
Point-of-sale display (POS)
Siapa sangka mengantree di kasir bisa menjadi sarana beriklan yang menjanjikan? Point-of-sale display yang akrab disebut POS ini adalah salah satu keturunan OOH juga ternyata, mungkin terkesan tidak benar-benar berada di luar ruangan tapi tetap menyasar masyarakat yang sedang berada ‘di luar’ rumah juga kan?
Anak istimewa OOH ini biasanya di temukan di area dekat kasir sebuah swalayan dan minimarket, letaknya sangat strategis karena biasanya masyarakat akan merasa tergerak untuk membeli atau mencari tahu lebih lanjut mengenai produk dan brand kamu di sela-sela waktu tunggu!
OOH memang masih se-eksis itu dalam dunia periklanan, bagaimana tidak? Teknik advertising ini dinilai sangat efektif untuk menjangkau perhatian publik yang luas, karena pada faktanya hampir setiap hari akan ada banyak orang yang melintasi jalan, menggunakan transportasi umum, belanja kebutuhan pokok, sampai mampir ke semua fasilitas publik yang ada.
Manfaat OOH?
Oh sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan brand awarness, menjangkau target pasar yang lebih luas, media penyampai pesan yang efektif, mengenalkan produk baru usaha kamu, dan pastinya akan sangat membantu untuk meningkatkan income!
SpaceAds akan dengan senang hati membantu kamu jika kamu berminat menggunakan teknik OOH Advertising untuk meningkatkan brand awarness dan pemasaran usaha kamu lho.
Kami tunggu kabar baiknya melalui team kami: 0821-6000-8100
Hana / www.spaceads.id
Leave a Reply